PELATIHAN MASA PERSIAPAN PENSIUN
LATAR BELAKANG PROGRAM
Masa pensiun dalam pandangan umum masih sering dibayangkan sebagai masa menikmati hidup, masa santai, terlepas dari rutinitas kerja. Padahal rata rata masa pensiun di Indonesia di usia 56 tahun, usia yang masih produktif. Usia tersebut dalam kajian psikologis memasuki masa
keemasan dan belum memasuki masa manula.
Meskipun kekuatan fisik maupun kekuatan mental seseorang pada masa itu mulai menurun, namun pada masa inilah seseorang mulai mencapai prestasi puncak, baik itu karir, pendidikan dan hubungan interpersonal.
Para pensiunan sebenarnya merupakan asset yang sangat berharga. Jaringannya cukup luas, keterampilan dan pengalamannya banyak. Potensi yang dimiliki para pensiunan inilah yang harusnya bisa digali dan dikembangkan sehingga mereka tetap berkarya hingga akhir hayat.
Pandangan yang negatif akan pensiun semakin membuat seseorang mengalami depresi dan stress. Oleh karena itu, perubahan cara pandang mengenai masa pensiun harus diubah dan dilatih dengan sebaik-baiknya. Dengan perubahan dan pelatihan yang benar dikala masa persiapan pensiun, maka akan merubah cara pandang seseorang dalam menghadapi masa pensiun dan tentunya akan merubah gaya hidup mereka di kala pensiun.
Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan komitment perusahaan terhadap karyawannya adalah
mempersiapkan mereka menjelang masa pensiun. Dengan pelatihan masa persiapan pensiun mereka diperkenalkan dengan pilihan-pilihan hidup setelah pensiun.
Dengan memperhatikan latar belakang diatas serta sebagai alternatif pembekalan kewirausahaan bagi karyawan menjelang pensiun, maka kami PT. Meta Bright Vision (MBV), membuat program kewirausahaan untuk masa persiapan pensiun.
Meta Bright Vision (MBV) merupakan lembaga training, konsultansi dan pendampingan yang fokus pada penuntasan akar masalah sesuai dengan kondisi khas klien. Training masa persiapan pensiun disampaikan dengan metode santai, menghibur, aplikatif dan interaktif. Setelah pelatihan, peserta juga akan dibimbing pada saat terjun ke dunia usaha.
TUJUAN PROGRAM
Setelah mengikuti program ini, maka:
KEUNGGULAN PROGRAM
Peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari praktisi yang terbukti sukses sebagai pengusaha dan tergabung dalam komunitas pengusaha sehingga akan terjalin sinergi antar peserta, mentor dan alumni yang sudah terjun menjadi pengusaha,
Pelatihan masa persiapan pensiun dilaksanakan didalam kelas dan kunjungan langsung ke tempat usaha,
Pendekatan materi yang disampaikan dilakukan dengan metode santai, menghibur, aplikatif dan interaktif”.
MANFAAT PROGRAM
Manfaat Bagi Peserta:
Manfaat Bagi Perusahaan:
DURASI PROGRAM
Pelatihan Masa Persiapan Pensiun dilaksanakan selama 3 - 5 hari dengan waktu dan tempat yang dapat disesuaikan dengan lokasi peserta.
MATERI PROGRAM
1. PRODUKTIF DI USIA EMAS:
2. SEHAT DI USIA EMAS:
3. MANAJEMEN KEUANGAN:
4. KEWIRAUSAHAAN:
FASILITAS PROGRAM
Fasilitas Untuk Peserta:
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam program/pelatihan ini, silakan hubungi kami.
ENTREPRENEUR SKILLS
LATAR BELAKANG PROGRAM
Di dalam membangun sebuah bisnis, sering sekali para pebisnis salah mengartikan proses bisnis yang sebenarnya, bahkan banyak sekali terjebak di dalam kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis itu sendiri sehingga mengalami banyak kegagalan. Oleh karena itu mereka harus mendapatkan cara menjadi seorang pebisnis, cara berpikir seperti seorang pebisnis agar dapat menjalankan fungsinya sebagai pebisnis dengan benar.
Entrepreneur Skills ini adalah pelatihan berbasiskan pemikiran seorang pebisnis dan praktisi bisnis, di mana hal ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis di Indonesia. Pelatihan ini bukan hanya berbicara mengenai teori semata, tetapi bagaimana prakteknya menjadi seorang pebisnis yang tangguh karena juga disertai cara berpikir yang benar menjadi seorang pebisnis.
Oleh sebab itu, kami mendesain program pelatihan ini berdasarkan hasil observasi dan temuan di lapangan yang terus menerus kami lakukan dan hasilnya kami gunakan untuk meng-update content training di bidang Entrepreneur Skills ini, sehingga semakin praktis dalam pengaplikasiannya.
TUJUAN PROGRAM
Setelah mengikuti pogram ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:
PESERTA
Program ini cocok diikuti oleh peserta yang telah mempunyai bisnis, pebisnis yang akan meneruskan bisnis orang tuanya, pebisnis pemula, atau seseorang yang ingin memulai bisnis dengan benar.
MATERI PROGRAM
METODE
Metode pelaksanaan program adalah pemaparan, roleplay, group discussion, coaching session, fieldtrip ke tempat usaha, diskusi dengan pengusaha, membuat dan mempresentasikan proposal usaha.
DURASI PROGRAM
Durasi Program = 30 Jam
TEMPAT
Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan di lokasi business fieldtrip (outdoor).
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.
ENTREPRENEUR SKILLS FOR MILLENIALS
LATAR BELAKANG PROGRAM
Di dalam membangun sebuah bisnis, sering sekali para pebisnis salah mengartikan proses bisnis yang sebenarnya. Untuk generasi milenial banyak sekali potensi yang dapat digali dan cocok untuk menjadi sebuah bisnis yang baik. Saat ini potensi bisnis baru dapat bersaing dengan bisnis yang sudah berlangsung sejak lama, sehingga materi ini dapat menjadi materi andalan bagi para pebisnis generasi milenial dalam membangun bisnisnya.
Entrepreneur Skill for Millenials ini adalah pelatihan yang lebih mengedepankan pemanfaatan teknologi digital dan internet di dalam menggali suatu potensi bisnis, mencari ceruk pasar yang sesuai dan tentunya yang mempunyai pemikiran disruptif. Oleh karena itu pelatihan ini sangat cocok bagi para pebisnis generasi milenial atau pun pebisnis yang ingin masuk bersaing dengan para generasi milenial ini.
Oleh sebab itu, kami mendesain program pelatihan ini berdasarkan hasil observasi dan temuan di lapangan yang terus menerus kami lakukan, dan hasilnya kami gunakan untuk meng-update content training di bidang Entrepreneur Skills ini, sehingga semakin praktis dalam pengaplikasiannya.
TUJUAN PROGRAM
Setelah mengikuti pogram ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:
PESERTA
Training ini cocok diikuti oleh peserta yang ingin menjadi pebisnis, seseorang yang ingin memulai bisnis atau pebisnis pemula, pebisnis yang akan meneruskan bisnis orang tuanya, atau seseorang sudah mempunyai bisnis, namun ingin mendapatkan wawasan bisnis & kemampuan bersaing di era millenials.
MATERI PROGRAM
METODE
Metode pelaksanaan program adalah pemaparan, roleplay, group discussion, coaching session, fieldtrip ke tempat usaha, diskusi dengan pengusaha, membuat dan mempresentasikan proposal usaha.
DURASI PROGRAM
Durasi Program = 30 Jam
TEMPAT
Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan di lokasi business fieldtrip (outdoor).
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.
PROJECT MANAGEMENT TRAINING
LATAR BELAKANG PROGRAM
Di dalam mengelola sebuah project, maka bukan saja pengetahuan mengenai “Project Management” saja yang harus dikuasai. Akan tetapi bagaimana mengelola project tersebut dengan lebih efektif dan lebih cepat, pengelolaan sumber daya yang ada, mengelola anggota tim yang terlibat dalam proyek tersebut. Selain itu berbagai kemampuan lain secara non – teknis juga harus dikuasi untuk mendukung kelancaran dari proyek tersebut.
Project Management Training ini lebih berfokus pada proses yang akan dijalankannya seperti cara mengelola tim, meraih komitment mereka, bagaimana monitor proyek dan proses percepatannya. Selain itu juga dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat Gantt Chart dengan menggunakan Excel dan juga bagaimana menangani sebuah resiko dengan membuat rencana cadangan. Dengan mengikuti training ini, maka para peserta akan lebih berfokus pada tujuan proyek dan juga solusi apabila menghadapi tantangan di dalam prosesnya.
TUJUAN TRAINING
Setelah mengikuti training ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:
PESERTA
Training ini cocok diikuti oleh para project manager, project staff, baik staff lain yang bekerja menggunakan deadline di dalam sebuah project.
MATERI PROGRAM
METODE
Metode pelaksanaan training adalah lecturing, simulation, role play, games, diskusi kelompok, dan tanya jawab yang dilaksanakan secara fleksibel.
DURASI PROGRAM
Durasi Program = 15 Jam
TEMPAT
Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor).
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.
NLP FOR BUSINESS COMMUNICATION
TRAINING BACKGROUND
Di dalam hubungannya dengan bisnis yang ada di perbankan yang termasuk dalam bidang jasa. Oleh karena itu, sangat penting dalam mempunyai keterampilan di dalam bidang hubungan dengan orang lain. Yang khususnya adalah menjaga nasabah yang sudah ada, dan juga dalam mencari nasabah baru.
Pelayanan terhadap pelanggan sudah menjadi kebutuhan yang paling utama yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Oleh karena itu, Bank tidak hanya berlomba untuk mendapatkan nasabah baru dari pembiayaan murah atau pun hadiah yang besar, tetapi pelayanan dan komunikasi yang membuat para nasabah nyaman untuk berhubungan dengan bank tersebut.
TRAINING OBJECTIVES
Setelah mengikuti training ini para peserta diharapkan mampu untuk menguasai seni berkomunikasi dengan NLP. Sehingga mampu bukan saja untuk membuat para nasabah lama menjadi lebih loyal serta mereferensikan nasabah lainnya, tetapi juga mampu untuk memikat nasabah – nasabah baru yang juga potensial.
Dengan menguasai teknik ini, maka para peserta menjadi lebih dipercaya oleh pelanggan dan juga mampu menggali informasi kebutuhan nasabah yang sebenarnya dengan lebih akurat. Para peserta juga mendapatkan gambaran mengenai para pelaku bisnis di dalam kunjungannya ke perusahaan.
TRAINING OVERVIEW
Untuk mencapai tujuan di atas tanpa mengganggu peserta training melaksanakan tugas sehari-sehari, desain training disusun sebagai berikut:
Pertemuan di Kelas dan Field Trip:
Pertemuan antara peserta training dan trainer sebanyak 3 (tiga) dimana tiap pertemuan diadakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di dalam pertemuan hari pertama peserta akan dibekali dengan materi komunikasi dan juga berbagai macam tipe manusia yang harus dipelajari.
Dan di hari kedua mereka memulai pertemuan dengan para pengusaha lewat field trip untuk memperoleh kalibrasi dengan mereka dan juga menemukan perbedaan sudut pandang yang ada. Kemudian para peserta akan masuk kembali ke kelas untuk sharing dan presentasi mengenai hasil yang didapat.
Pada hari yang ketiga para peserta mendapatkan materi tambahan untuk kalibrasi dan juga berbagai tips untuk menyamakan sudut pandang yang ada diantara para peserta dengan pengusaha saat field trip tersebut. Sehingga para peserta mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai proses komunikasi dan bagaimana cara mengaplikasikannya dengan tepat kepada para nasabah maupun calon nasabah baru.
MATERI TRAINING
METODE
Untuk menunjang efektifitas training, akan dipergunakan metode-metode berikut secara kombinasi:
LOKASI TRAINING
Untuk memperoleh efektifiitas dan efisiensi yang memadai serta memberikan atmosfir yang baik bagi peserta training, diusulkan lokasi training dan akomodasi peserta training berada MBV Training Center, Cikarang Technopark dengan pertimbangan sebagai berikut:
Cikarang Technopark berada di dalam Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan aspirasi kepada peserta training dalam melaksanakan tugas setelah training.
Dalam training ini menghadirkan pengusaha yang berdomisili di Kawasan Industri tersebut.
Dalam training ini terdapat program kunjungan ke lokasi usaha di sekitar Kawasan Industri tersebut sehingga menghemat waktu perjalanan dari dan ke lokasi kunjungan.
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.
BUILDING SERVICE EXCELLENCE CULTURE
PROGRAM BACKGROUND
Kesuksesan dari kegiatan usaha, salah satunya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya (SDM), khususnya bagaimana mereka melayani konsumennya/mitra kerjanya. Service Excellence, adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki tim SDM perusahaan, baik untuk kepentingan pelayanan konsumen eksternal maupun konsumen internal perusahaan. Untuk itu, training BUILDING SERVICE EXCELLENCE CULTURE ini akan memberikan guidance kepada para staf untuk dapat memahami Service Excellence dan mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari untuk mendukung kemajuan perusahaan.
PROGRAM OBJECTIVE
Setelah mengikuti program ini, maka peserta akan mampu:
PROGRAM DURATION
Durasi Program = 2 Hari
PROGRAM COVERAGE
Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.