PELATIHAN MASA PERSIAPAN PENSIUN


LATAR BELAKANG PROGRAM

Masa pensiun dalam pandangan umum masih sering dibayangkan sebagai masa menikmati hidup, masa santai, terlepas dari rutinitas kerja. Padahal rata rata masa pensiun di Indonesia di usia 56 tahun, usia yang masih produktif. Usia tersebut dalam kajian psikologis memasuki masa keemasan dan belum memasuki masa manula.

Meskipun kekuatan fisik maupun kekuatan mental seseorang pada masa itu mulai menurun, namun pada masa inilah seseorang mulai mencapai prestasi puncak, baik itu karir, pendidikan dan hubungan interpersonal.

Para pensiunan sebenarnya merupakan asset yang sangat berharga. Jaringannya cukup luas, keterampilan dan pengalamannya banyak. Potensi yang dimiliki para pensiunan inilah yang harusnya bisa digali dan dikembangkan sehingga mereka tetap berkarya hingga akhir hayat.

Pandangan yang negatif akan pensiun semakin membuat seseorang mengalami depresi dan stress. Oleh karena itu, perubahan cara pandang mengenai masa pensiun harus diubah dan dilatih dengan sebaik-baiknya. Dengan perubahan dan pelatihan yang benar dikala masa persiapan pensiun, maka akan merubah cara pandang seseorang dalam menghadapi masa pensiun dan tentunya akan merubah gaya hidup mereka di kala pensiun.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab dan komitment perusahaan terhadap karyawannya adalah mempersiapkan mereka menjelang masa pensiun. Dengan pelatihan masa persiapan pensiun mereka diperkenalkan dengan pilihan-pilihan hidup setelah pensiun.

Dengan memperhatikan latar belakang diatas serta sebagai alternatif pembekalan kewirausahaan bagi karyawan menjelang pensiun, maka kami PT. Meta Bright Vision (MBV), membuat program kewirausahaan untuk masa persiapan pensiun.

Meta Bright Vision (MBV) merupakan lembaga training, konsultansi dan pendampingan yang fokus pada penuntasan akar masalah sesuai dengan kondisi khas klien. Training masa persiapan pensiun disampaikan dengan metode santai, menghibur, aplikatif dan interaktif. Setelah pelatihan, peserta juga akan dibimbing pada saat terjun ke dunia usaha.


TUJUAN PROGRAM

Setelah mengikuti program ini, maka:

  • Peserta lebih siap mental dan spiritual dalam menghadapi pensiun,
  • Peserta lebih optimis dan semangat dalam menyongsong masa pensiun,
  • Terciptanya pensiunpreneur yang akan meningkatkan produktifitas penduduk di Indonesia.

KEUNGGULAN PROGRAM

Peserta akan mendapatkan ilmu pengetahuan dari praktisi yang terbukti sukses sebagai pengusaha dan tergabung dalam komunitas pengusaha sehingga akan terjalin sinergi antar peserta, mentor dan alumni yang sudah terjun menjadi pengusaha,
Pelatihan masa persiapan pensiun dilaksanakan didalam kelas dan kunjungan langsung ke tempat usaha,
Pendekatan materi yang disampaikan dilakukan dengan metode santai, menghibur, aplikatif dan interaktif”.


MANFAAT PROGRAM

Manfaat Bagi Peserta:

  • Peserta mengenali dan memahami potensi yang ada dalam dirinya,
  • Peserta mengetahui potensi bisnis yang bisa dikembangkan di sekitarnya,
  • Peserta mengetahui ide ide usaha dari yang kreatif dan inovatif,
  • Peserta mengetahui strategi memulai usaha,
  • Peserta berani memulai usaha,
  • Peserta masuk dalam komunitas wirausaha,
  • Menambah ilmu dan jaringan silaturrahmi sebagai modal usaha,
  • Mempunyai mentor untuk membimbing dalam menjalankan usaha.

Manfaat Bagi Perusahaan:

  • Lebih efisien (dari segi waktu dan biaya) dalam rangka ikut memberikan bekal kepada karyawannya yang mau pensiun,
  • Sebagai media untuk membekali karyawan memiliki jiwa Intrapreneur,
  • Membangun citra yang posistif dan loyalitas dikalangan pegawai.

DURASI PROGRAM

Pelatihan Masa Persiapan Pensiun dilaksanakan selama 3 - 5 hari dengan waktu dan tempat yang dapat disesuaikan dengan lokasi peserta.


MATERI PROGRAM

1. PRODUKTIF DI USIA EMAS:

  • Mengatasi dampak psikologis setelah pensiun,
  • Menggali potensi diri,
  • Menumbuhkan sikap positif.

2. SEHAT DI USIA EMAS:

  • Kiat menjaga kesehatan,
  • Menjaga pola hidup sehat,
  • Sehat tanpa obat,
  • Mengetahui penyakit yang timbul disebabkan penuaan,
  • Memanfaatkan tanaman herbal untuk obat.

3. MANAJEMEN KEUANGAN:

  • Memetakan kebutuhan dana di masa pensiun,
  • Mengatur keuangan di masa pensiun,
  • Mengetahui jenis-jenis investasi yang aman dan menguntungkan,

4. KEWIRAUSAHAAN:

  • Mengubah cara pandang dari karyawan menjadi pengusaha,
  • Memulai usaha dari ide yang sederhana,
  • Tips untuk berani memulai usaha,
  • Mengubah hobi menjadi usaha,
  • Memulai usaha dengan modal sedikit,
  • Trik dan tips promosi usaha yang kreatif,
  • Kiat mengelola Sumber Daya Manusia,
  • Membuat system dalam usaha,
  • Kiat membuka cabang,
  • Mensinergikan usaha dengan property,
  • Kiat mencari modal untuk usaha,
  • Strategi mengembangkan usaha.

FASILITAS PROGRAM

Fasilitas Untuk Peserta:

  • Kaos (2 Pasang),
  • Tas Training,
  • Peralatan ATK,
  • CD Materi Pelatihan,
  • Bus AC Eksekutif untuk kunjungan usaha,


Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam program/pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us


ENTREPRENEUR SKILLS


LATAR BELAKANG PROGRAM

Di dalam membangun sebuah bisnis, sering sekali para pebisnis salah mengartikan proses bisnis yang sebenarnya, bahkan banyak sekali terjebak di dalam kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh pebisnis itu sendiri sehingga mengalami banyak kegagalan. Oleh karena itu mereka harus mendapatkan cara menjadi seorang pebisnis, cara berpikir seperti seorang pebisnis agar dapat menjalankan fungsinya sebagai pebisnis dengan benar.

Entrepreneur Skills ini adalah pelatihan berbasiskan pemikiran seorang pebisnis dan praktisi bisnis, di mana hal ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis di Indonesia. Pelatihan ini bukan hanya berbicara mengenai teori semata, tetapi bagaimana prakteknya menjadi seorang pebisnis yang tangguh karena juga disertai cara berpikir yang benar menjadi seorang pebisnis.

Oleh sebab itu, kami mendesain program pelatihan ini berdasarkan hasil observasi dan temuan di lapangan yang terus menerus kami lakukan dan hasilnya kami gunakan untuk meng-update content training di bidang Entrepreneur Skills ini, sehingga semakin praktis dalam pengaplikasiannya.


TUJUAN PROGRAM

Setelah mengikuti pogram ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:

  • Mendapatkan mindset yang benar sebagai seorang pebisnis.
  • Mempelajari cara berpikir yang benar seorang pebisnis agar dapat menjalankan bisnisnya dengan benar dan bisnisnya mampu bertahan, bahkan berkembang.
  • Mempelajari cara membangun reputasi produk dan juga bagaimana menjadi tahan dan mampu menghadapi serangan dari para pesaing.

PESERTA

Program ini cocok diikuti oleh peserta yang telah mempunyai bisnis, pebisnis yang akan meneruskan bisnis orang tuanya, pebisnis pemula, atau seseorang yang ingin memulai bisnis dengan benar.


MATERI PROGRAM

  • Right Mindset About Entrepreneur and Difference from Seller : Peserta akan belajar mengenal perbedaan yang mendasar dari menjadi seorang pebisnis dan juga seorang pedagang. Dan bagaimana seorang pebisnis dapat membangun usahanya untuk jangka panjang dan basis pemikirannya.
  • VUCA in Entrepreneur : Peserta akan belajar mengenai peranan VUCA yang dipergunakan di dalam militer dan bagaimana penggunaannya di dalam dunia bisnis.
  • Pitfall in Business and Entrepreneurship : Peserta akan belajar mengenai jebakan-jebakan yang sering terjadi di dalam bisnis, dan bagaimana bisnis yang sudah dibangun tahunan dapat hancur karena jebakan tersebut.
  • Business Thinking Process (4 Session) : Peserta akan belajar mengenai Business Thinking Process di dalam menentukan DNA bisnis nya dan bagaimana memperbaiki bisnis yang sudah dijalankan agar tidak salah arah dengan menggunakan Canvas.
  • Product Canvas : Peserta akan belajar mengenai cara membuat model sebuah product dan bagaimana meluncurkan suatu produk yang diinginkan oleh pasar.

METODE

Metode pelaksanaan program adalah pemaparan, roleplay, group discussion, coaching session, fieldtrip ke tempat usaha, diskusi dengan pengusaha, membuat dan mempresentasikan proposal usaha.


DURASI PROGRAM

Durasi Program = 30 Jam


TEMPAT

Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan di lokasi business fieldtrip (outdoor).



Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us


ENTREPRENEUR SKILLS FOR MILLENIALS


LATAR BELAKANG PROGRAM

Di dalam membangun sebuah bisnis, sering sekali para pebisnis salah mengartikan proses bisnis yang sebenarnya. Untuk generasi milenial banyak sekali potensi yang dapat digali dan cocok untuk menjadi sebuah bisnis yang baik. Saat ini potensi bisnis baru dapat bersaing dengan bisnis yang sudah berlangsung sejak lama, sehingga materi ini dapat menjadi materi andalan bagi para pebisnis generasi milenial dalam membangun bisnisnya.

Entrepreneur Skill for Millenials ini adalah pelatihan yang lebih mengedepankan pemanfaatan teknologi digital dan internet di dalam menggali suatu potensi bisnis, mencari ceruk pasar yang sesuai dan tentunya yang mempunyai pemikiran disruptif. Oleh karena itu pelatihan ini sangat cocok bagi para pebisnis generasi milenial atau pun pebisnis yang ingin masuk bersaing dengan para generasi milenial ini.

Oleh sebab itu, kami mendesain program pelatihan ini berdasarkan hasil observasi dan temuan di lapangan yang terus menerus kami lakukan, dan hasilnya kami gunakan untuk meng-update content training di bidang Entrepreneur Skills ini, sehingga semakin praktis dalam pengaplikasiannya.


TUJUAN PROGRAM

Setelah mengikuti pogram ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:

  • Mendapatkan inspirasi dan mindset untuk berani memulai bisnis.
  • Mempelajari pola pikir yang benar sebagai seorang pebisnis.
  • Mempelajari cara menggali potensi dan solusi bisnis dengan menggunakan teknologi digital dan internet.
  • Mempelajari cara membangun reputasi produk dan juga bagaimana bertahan menghadapi serangan dari para pesaing, bahkan mampu membuat bisnis semakin berkembang.

PESERTA

Training ini cocok diikuti oleh peserta yang ingin menjadi pebisnis, seseorang yang ingin memulai bisnis atau pebisnis pemula, pebisnis yang akan meneruskan bisnis orang tuanya, atau seseorang sudah mempunyai bisnis, namun ingin mendapatkan wawasan bisnis & kemampuan bersaing di era millenials.


MATERI PROGRAM

  • Right Mindset About Entrepreneur and Difference from Seller : Peserta akan belajar mengenal perbedaan yang mendasar dari menjadi seorang pebisnis dan juga seorang pedagang. Dan bagaimana seorang pebisnis dapat membangun usahanya untuk jangka panjang dan basis pemikirannya.
  • Finding Hidden Opportunity in Digital : Peserta kali ini belajar sesuatu yang sesuai dengan generasinya yaitu bagaimana memanfaatkan internet sebagai suatu media untuk menemukan potensi tersembunyi yang ada dan memanfaatkannya menjadi suatu bisnis.
  • Digital Marketing and Branding : Peserta akan belajar mengenai cara pemasaran di era digital dan bagaimana membangun branding secara digital.
  • Business Thinking Process (4 Session) : Peserta akan belajar mengenai Business Thinking Process di dalam menentukan DNA bisnis nya dan bagaimana memperbaiki bisnis yang sudah dijalankan agar tidak salah arah dengan menggunakan Canvas.
  • Digital Organization : Peserta akan belajar mengelola bisnis dengan cara digital, dimana mungkin saja para tim tidak berada di satu tempat tapi dapat mengerjakan fungsi dan tugasnya dengan baik dan terkontrol.

METODE

Metode pelaksanaan program adalah pemaparan, roleplay, group discussion, coaching session, fieldtrip ke tempat usaha, diskusi dengan pengusaha, membuat dan mempresentasikan proposal usaha.


DURASI PROGRAM

Durasi Program = 30 Jam


TEMPAT

Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor) dan di lokasi business fieldtrip (outdoor).



Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us


PROJECT MANAGEMENT TRAINING


LATAR BELAKANG PROGRAM

Di dalam mengelola sebuah project, maka bukan saja pengetahuan mengenai “Project Management” saja yang harus dikuasai. Akan tetapi bagaimana mengelola project tersebut dengan lebih efektif dan lebih cepat, pengelolaan sumber daya yang ada, mengelola anggota tim yang terlibat dalam proyek tersebut. Selain itu berbagai kemampuan lain secara non – teknis juga harus dikuasi untuk mendukung kelancaran dari proyek tersebut.

Project Management Training ini lebih berfokus pada proses yang akan dijalankannya seperti cara mengelola tim, meraih komitment mereka, bagaimana monitor proyek dan proses percepatannya. Selain itu juga dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat Gantt Chart dengan menggunakan Excel dan juga bagaimana menangani sebuah resiko dengan membuat rencana cadangan. Dengan mengikuti training ini, maka para peserta akan lebih berfokus pada tujuan proyek dan juga solusi apabila menghadapi tantangan di dalam prosesnya.


TUJUAN TRAINING

Setelah mengikuti training ini, para peserta akan mendapat pengalaman dan wawasan baru sebagai berikut:

  • Memberikan pengetahuan mengenai teori, tahapan, dan proses Project Management.
  • Mampu menggunakan Excel di dalam mendesign Gantt Chart.
  • Mampu mengelola proyek sesuai dengan target yang diberikan.
  • Mampu menangani rapat dengan efektif.
  • Mampu mengelola anggota team dengan baik, dan memperoleh komitmentnya.
  • Mampu membuat sistem “Contingency Plan”.

PESERTA

Training ini cocok diikuti oleh para project manager, project staff, baik staff lain yang bekerja menggunakan deadline di dalam sebuah project.


MATERI PROGRAM

  • Project Management Theory : Basic Project Management Trilogy, Phase in Project Management, Step in Project Management, Project Evaluation and Review.
  • Project Implementation : Gantt Chart, How To Make Gantt Chart with Excel, Activity Based Costing.
  • Project Acceleration Tools : SCRUM for Project Acceleration (Managing Priority, Project Delegation, Managing Resources and Teams, Solution Oriented), 4DX to Control the Process (Assigning Job, Monitoring Progress and Teams, Project Evaluation).
  • Coaching for Performance : Basic knowledge about Coaching, Using GROW to Maintain Objective and Gaining Personal Commitment, Handling Team Members, Result Oriented.
  • Handling Meeting : Set up for Project Meeting, Rules of the Game of the Meeting, How to Set a Resourceful Meeting, Handling Effective Meeting.
  • Contingency Plan : How to Set Up A Goal, Measuring Key Factor, Setting Up Contingency Plan, Evaluating Contingency Plan.

METODE

Metode pelaksanaan training adalah lecturing, simulation, role play, games, diskusi kelompok, dan tanya jawab yang dilaksanakan secara fleksibel.


DURASI PROGRAM

Durasi Program = 15 Jam


TEMPAT

Training (Program) dilakukan di dalam ruangan (indoor).



Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us


NLP FOR BUSINESS COMMUNICATION


TRAINING BACKGROUND

Di dalam hubungannya dengan bisnis yang ada di perbankan yang termasuk dalam bidang jasa. Oleh karena itu, sangat penting dalam mempunyai keterampilan di dalam bidang hubungan dengan orang lain. Yang khususnya adalah menjaga nasabah yang sudah ada, dan juga dalam mencari nasabah baru.

Pelayanan terhadap pelanggan sudah menjadi kebutuhan yang paling utama yang sangat dibutuhkan oleh mereka. Oleh karena itu, Bank tidak hanya berlomba untuk mendapatkan nasabah baru dari pembiayaan murah atau pun hadiah yang besar, tetapi pelayanan dan komunikasi yang membuat para nasabah nyaman untuk berhubungan dengan bank tersebut.


TRAINING OBJECTIVES

Setelah mengikuti training ini para peserta diharapkan mampu untuk menguasai seni berkomunikasi dengan NLP. Sehingga mampu bukan saja untuk membuat para nasabah lama menjadi lebih loyal serta mereferensikan nasabah lainnya, tetapi juga mampu untuk memikat nasabah – nasabah baru yang juga potensial.

Dengan menguasai teknik ini, maka para peserta menjadi lebih dipercaya oleh pelanggan dan juga mampu menggali informasi kebutuhan nasabah yang sebenarnya dengan lebih akurat. Para peserta juga mendapatkan gambaran mengenai para pelaku bisnis di dalam kunjungannya ke perusahaan.


TRAINING OVERVIEW

Untuk mencapai tujuan di atas tanpa mengganggu peserta training melaksanakan tugas sehari-sehari, desain training disusun sebagai berikut:

Pertemuan di Kelas dan Field Trip:
Pertemuan antara peserta training dan trainer sebanyak 3 (tiga) dimana tiap pertemuan diadakan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Di dalam pertemuan hari pertama peserta akan dibekali dengan materi komunikasi dan juga berbagai macam tipe manusia yang harus dipelajari.
Dan di hari kedua mereka memulai pertemuan dengan para pengusaha lewat field trip untuk memperoleh kalibrasi dengan mereka dan juga menemukan perbedaan sudut pandang yang ada. Kemudian para peserta akan masuk kembali ke kelas untuk sharing dan presentasi mengenai hasil yang didapat.
Pada hari yang ketiga para peserta mendapatkan materi tambahan untuk kalibrasi dan juga berbagai tips untuk menyamakan sudut pandang yang ada diantara para peserta dengan pengusaha saat field trip tersebut. Sehingga para peserta mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai proses komunikasi dan bagaimana cara mengaplikasikannya dengan tepat kepada para nasabah maupun calon nasabah baru.


MATERI TRAINING

  • Essential Communication,
  • NLP Pillars,
  • Human Based Type with NLP,
  • Sub-Modality,
  • NLP Application in Communication,
  • Persuasion Technique.

METODE

Untuk menunjang efektifitas training, akan dipergunakan metode-metode berikut secara kombinasi:

  • Lecture,
  • Diskusi Kelompok,
  • Studi Kasus,
  • Role Play,
  • Game,
  • Sharing Experience dengan Pengusaha,
  • Field-trip ke lokasi Usaha.

LOKASI TRAINING

Untuk memperoleh efektifiitas dan efisiensi yang memadai serta memberikan atmosfir yang baik bagi peserta training, diusulkan lokasi training dan akomodasi peserta training berada MBV Training Center, Cikarang Technopark dengan pertimbangan sebagai berikut:
Cikarang Technopark berada di dalam Kawasan Industri Terbesar di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan aspirasi kepada peserta training dalam melaksanakan tugas setelah training.
Dalam training ini menghadirkan pengusaha yang berdomisili di Kawasan Industri tersebut.
Dalam training ini terdapat program kunjungan ke lokasi usaha di sekitar Kawasan Industri tersebut sehingga menghemat waktu perjalanan dari dan ke lokasi kunjungan.



Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us

BUILDING SERVICE EXCELLENCE CULTURE


PROGRAM BACKGROUND

Kesuksesan dari kegiatan usaha, salah satunya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya (SDM), khususnya bagaimana mereka melayani konsumennya/mitra kerjanya. Service Excellence, adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki tim SDM perusahaan, baik untuk kepentingan pelayanan konsumen eksternal maupun konsumen internal perusahaan. Untuk itu, training BUILDING SERVICE EXCELLENCE CULTURE ini akan memberikan guidance kepada para staf untuk dapat memahami Service Excellence dan mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari untuk mendukung kemajuan perusahaan.


PROGRAM OBJECTIVE

Setelah mengikuti program ini, maka peserta akan mampu:

  • memahami Service Excellence,
  • menumbuhkan kompetensi Service Excellence dalam diri,
  • melakukan Service Excellence secara efektif.

PROGRAM DURATION

Durasi Program = 2 Hari


PROGRAM COVERAGE

  • SERVICE PHYLOSOPHY : Memahami filosofi pelayanan dalam kegiatan usaha
  • SERVICE MINDSET : menumbuhkan mindset melayani dalam setiap kegiatan perusahaan
  • PERSONALITY : Understanding Personality on service
  • SERVICE COMMUNICATION : effective communication on service
  • SERVICE MANAGEMENT : Kiat bagaimana melaksanakan service excellence yang efektif dalam perusahaan (service for external & internal clients)
  • SERVICE CULTURE = menjadikan service excellence sebagai budaya layanan dalam diri masing-masing SDM perusahaan

Bila anda memiliki pertanyaan atau ingin menjalin kerjasama dalam pelatihan ini, silakan hubungi kami.

Contact us